perbedaan pipa hitam dan pipa galvanis

Perbedaan Pipa Hitam dan Pipa Galvanis

Apa saja perbedaan antara pipa hitam dan pipa galvanis?

Pernedaan pipa hitam dan pipa galvanis

Pipa hitam dan pipa galvanis merupakan dua material dalam kontruksi bangunan dalam rumah. Namun, tidak sedikit dari kita belum memahami perbedaan antara pipa hitam dan pipa galvanis. berikut ini penjelasan lengkapnya!

Pipa Hitam

Pipa hitam disebut juga pipa baja, berfungsi digunakan untuk membawa air dan gas dari sumbernya ke tempat yang di kehendaki. Jenis pipa ini banyak digunakan oleh bangunan bisnis dan rumah untuk mengangkut pasokan gas alam atau propana.

Pipa ini juga digunakan untuk sistem sprinkler api karena ketahanannya kuat terhadap panas. Biasanya pipa-pipa ini akan digabung dengan proses pengelasan atau dengan menggunakan kopling mekanis.

Lihat juga : distributor Pipa galvanis Indonesia

Material Pipa baja yang satu ini banyak digunakan untuk saluran gas, material ini juga banyak digunakan untuk menghubungkan saluran pasokan, seperti pada saluran pembuangan, pipa pemanas, dan pipa gas alam.

Pipa Galvanis

Pipa Galvanis pipa baja yang dilapisi dengan material seng, seng mengingkatkan ketahanan material pipa sehingga lebih tahan terhadap korosi atau karat. Jenis Pipa Galvanis banyak digunakan di rumah maupun bangunan lainnya selama lebih dari 30 tahun.

Namun, pipa galvanis tidak dapat digunakan untuk saluran gas karena lapisan seng dapat mengelupas dan menyumbat saluran. Dengan demikian pipa ini tetap memiliki banyak kegunaan lainnya, seperti pipa saluran air, irigasi pertanian, perancah, dan paling baik digunakan untuk kontruksi yang  jangka waktu lebih lama hingga 40 tahun.

Baca juga : Keunggulan pipa galvanis

Kedua material sangat populer dan banyak digunakan pada rumah dan bangunan lainnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah kegunaan kedua pipa ini yang sesuai dengan spesifikasi proyek atau kebutuhan Anda.

Perbedaan pipa hitam dan pipa galvanis

Dari penjelasan diatas berikut ini kami merangkum perbedaan kedua material ini , antara lain :

  • Pipa hitam terbuat dari baja sama seperti pipa galvanis, perbedaannya adalah pipa galvanis dilapisi dengan seng.
  • Pipa hitam paling baik digunakan untuk saluran gas,
    sementara galvanis tidak digunakan untuk membawa gas
    pipa galvanis lebih aman digunakan untuk saluran air sedangkan pipa hitam tidak disarankan untuk saluran air karena mudah berkarat.
  • Dari segi harga pipa hitam lebih murah dari pada pipa galvanis.

Kunjungi blog kami untuk info-info terbaru mengenai beragam jenis besi, semoga bermanfaat.

Anda juga dapat langsung melakukan pemesanan, hubungi marketing kami chat langsung di whatsapp.

Kami selalu mengupayakan yang terbaik untuk pelanggan kami, namun mengingat stok kami tidak mengikat sebab produk terus bergerak. Dan jika produk tidak tersedia, kami akan infomasikan waktu estimasi yang di perlukan untuk pengadaan produk.
Oh ya, Besi dan baja adalah komoditas yang mengalami fluktuasi, mirip dengan logam berharga seperti emas. Oleh karena itu, untuk mempertahankan harga yang kompetitif, kami menawarkan harga yang sesuai dengan penawaran terbaik.

Share this post:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Marketing MJMA

Perkenalkan Diri dan Mulai Chat agar kami dapat terhubung